-->
Cara Menciptakan Judul Table Tampil Berulang Di Setiap Halaman Ms Word
Di artikel kali ini saya akan coba menguraikan bagaimana cara membuat judul table dan judul kolom supaya tampil berulang di setiap halaman secara otomatis dikala anda membuat table lebih dari satu halaman.

Table terkadang diharapkan untuk menyajikan data dalam bentuk tabulasi sehingga kelihatan rapi, umumnya sebuah table terdiri dari baris dan kolom teks, setiap kolom akan mempunyai header kolom atau yang disebut dengan judul kolom table dan juga judul table, umumnya teks judul table ditampilkan lebih besar dan tebal sedangkan isi table mempunyai format standar.

Untuk membuat table di microsoft word baik itu microsoft word 2007, ms word 2010, ms word 2013 maupun ms word 2016, caranya cukup gampang, ada beberapa cara yang sanggup kita gunakan, yaitu cara otomatis dan cara manual, pembuatan table secara otomatis spesialuntuk cukup menentukan jumlah baris dan kolom table saja, maka  table akan otomatis muncul, sedangkan pembuatan table secara manual sanggup dilakukan dengan memasukan angka untuk jumlah kolom dan barisnya saja.

Ada aneka macam metode pembuatan table, namun salah satu metode yang tidak banyak orang tahu yaitu membuat table untuk halaman lebih dari satu, dimana di setiap halaman harus terdapat judul table dan judul kolom table yang harus sama satu sama lain.

Sebenarnya untuk membuat table menyerupai itu sanggup dibentuk dengan cara manual, ya tinggal buat saja kolom yang sama untuk setiap halaman, tapi akungnya pembuatan judul kolom table di setiap halaman menyerupai itu dirasa kurang praktis,  akan memakan waktu dan tenaga, sebab anda harus membuat judul-judul table dan kolom untuk setiap halaman.

Teknik mudah yaitu memakai fitur pembuatan judul kolom table otomatis yang disediakan oleh microsoft word, dengan fitur ini anda cukup membuat satu header kolom atau judul kolom table di halaman 1 saja, halaman ke 2 dan seterusnya judul table dan juga doloel kolom-kolom table akan muncul secara otomatis.

Cem buat Judul Kolom table otomatis tampil berulang untuk setiap halaman di micrsofot word

Untuk anda yang kebetulan ingin membuat table dalam jumlah baris lebih dari satu halaman dokumen ms word memanjang, dan anda ingin pada setiap halaman judul table dan juga judul kolom table muncul secara otomatis menyerupai halnya di microsoft excel,  maka langkahnya yaitu sebagai diberikut:

1. Buka Aplikasi microsoft word anda.

2. Buat table sesuai dengan lembar yang anda inginkan, dan atur format judul kolom table  di halaman 1 menyerupai yang anda inginkan misal menyerupai gambar di bawah ini:


3. Agar Judul header table muncul juga di halaman 2 dan halaman seterusnya, caranya cukup gampang, seleksi tiruana judul kolom pada halaman 1, kemudian klik kanan kemudian pilih hidangan table properties..., menyerupai terlihat pada gambar di bawah ini:


4. Kemudian pada Jendela table properties pilih tab Row, kemudian centang pada opsi Repeat as header row at the top of each page, menyerupai terlihat pada gambar di bawah ini:

Kemudian tekan OK.

Maka kesudahannya akan kelihatan menyerupai gambar di bawah ini:


Setiap Halaman akan mempunyai judul header kolom secara otomatis yang formatnya sama persis dengan format header kolom yang terdapat di halaman 1.

Teknik Menambahkan Judul Table di setiap Halaman.


Lalu bagaimana bila saya ingin menambahkan judul table di setiap halaman?

Jika anda menginginkan table setiap halaman selain mempunyai judul kolom, juga mempunyai judul table, maka langkah-langkah untuk menambahkan judul table supaya muncul juga di setiap halaman yaitu sebagai diberikut:

1. Pada header kolom table di halaman 1, klik pada baris header table, pilih hidangan Layout > kemudian pilih icon insert above

2. Seleksi kolom-kolom pada baris ke 1, kemudian pilih hidangan Layout > Merge cells untuk menghilangkan garis-garis kolom pada baris tersebut,




3. Hilangkan garis dan buat backgroundnya menjadi putih caranya.

Seleksi baris 1,  kemudian pilih hidangan Home > borders > Borders and shading


Pada obrolan borders and shading, klik pada icon yang ditandai warna merah untuk menghilangkan garis-garisnya.


Kemudian tekan OK..


4. Ubah background menjadi putih
Tekniknya seleksi kembali baris nomor 1, kemudian pilih Home > color bg > No Color
 


5. Tulis Judul Table, misal Daftar Nama Siswa

Hasilnya secara otomatis judul table akan muncul di setiap halaman, terlihat menyerupai gambar di bawah ini:



Itulah cara membuat judul kolom table dan juga judul table supaya muncul di setiap halaman di microsoft word.

Teknik di atas berlaku juga untuk versi microsoft word 2007, ms word 2013, 2010 maupun ms word 2016.

Semoga bermanfaa dan selamat mencoba.

LihatTutupKomentar