-->
Cara Supaya Header / Footer Ms. Word Muncul Di Halaman Tertentu Saja
Teknik Agar Header / Footer Ms. Word muncul di halaman tertentu saja atau tidak sama setiap halaman

Untuk anda pengguna microsoft word (ms word) tentu tidak ajaib dengan istilah header dan footer, umunya header dan footer dipakai untuk mempersembahkan identitas sebuah halaman di bab atas (header) dan dibagian bawah (footer)  dan juga mempersembahkan keindahan pada dokumen yang anda buat.

di Microsoft word untuk  menambahkan header dan footer pada dokumen caranya sangatlah gampang, tinggal menuju menu insert > kemudian menentukan sajian Header / footer, maka beberapa format header dan footer pun siap untuk dipilih dan digunakan.

Ketika Kita menambahkan header dan footer pada sebuah dokumen microsoft word, maka secara otomatis tiruana lembar dokumen akan mempunyai header dan footer yang sama, sehingga kita tidak perlu repot-repot memasukan header dan footer satu halaman-satu halaman.

Tentu saja jikalau memang yang anda inginkan tiruana halaman dalam dokumen ms word ingin menggunakan header & footer yang sama, cara tersebut bukanlah masalah, namun bagaimana jikalau header dan footer spesialuntuk ingin muncul pada salah satu dokumen tertentu saja atau anda ingin membuat haeder dan footer setiap halaman tidak sama?

Saya yakin Anda mungkin akan sedikit dibentuk resah bagaimana caranya, tapi damai saja, untuk membuat header dan footer  tidak sama tiap halaman, atau spesialuntuk ingin muncul di halaman terntetu, bukanlah suatu hal yang mustahil, alasannya microsoft word sudah menyediakan fasiltiasnya.

Tapi akungnya fasilitasnya sedikit tersembunyi, sehingga masih banyak pengguna yang tidak tau caranya. oleh alasannya itu melalui artikel ini saya akan coba uraikan hal-hal diberikut:

  • Teknik menghilangkan header footer pada halaman tertentu
  • Teknik menghapus header di halaman tertentu
  • Teknik membuat header dan footer tidak sama di setiap halaman ms word
Apa yang akan saya uraikan berlaku untuk microsoft word 2007, ms word 2010, ms word 2013, maupun ms word 2016, alasannya penyajian sajian versi ms word tersebut tidak jauh tidak sama.

Teknik Agar Header / Footer Ms. Word muncul di halaman tertentu saja

Untuk membuat agar header dan footer muncul di halaman tertentu saja atau menginginkan setiap halaman dokumen ms word anda mempunyai header dan footer tidak sama  satu dengan yang lainnya lankah-langkahnya yakni sebagai diberikut:


1. Silahkan buka Dokumen ms word anda.
Saya asumsikan anda sudah mempunyai lembaran-lembaran dokumen lengkap yang sudah anda isi;

2. Lalu  klik pada halaman yang ingin anda menambahkan header dan footer di dalamnya.

3. Sesudah halaman di klik, kini menuju sajian Page Layout > Break > Continous

 Word muncul di halaman tertentu saja atau tidak sama setiap halaman Teknik Agar Header / Footer Ms. Word muncul di halaman tertentu saja


4. Sesudah itu,  double-klik pada area header halaman (jika anda ingin menambahkan header) atau double-klik pada bagian footer (jik anda ingin membuat footer).

 Word muncul di halaman tertentu saja atau tidak sama setiap halaman Teknik Agar Header / Footer Ms. Word muncul di halaman tertentu saja


melaluiataubersamaini mengklik ganda bab header atau footer, maka akan masuk ke editor header dan footer dan kursor anda akan aktif di area tersebut.

Anda akan otomatis masuk ke sajian Header & Footer Design  di ujung kanan

5. Pada sajian Header & Footer desain, silahkan hilangkan seleseksi pada Menu link to previus

 Word muncul di halaman tertentu saja atau tidak sama setiap halaman Teknik Agar Header / Footer Ms. Word muncul di halaman tertentu saja

Gunanya biar tiruana halaman sebelum halaman yang sedang anda edit tersebut tidak akan ikut-ikutan mempunyai header dan footer.

6. Sesudah itu, klik menu Insert > header atau Insert > Footer, kemudian silahkan pilih dan klik jenis desain header atau footer yang ingin anda menambahkan.

Maka Header atau footer yang anda menambahkan akan muncul pada halaman tersebut dan pada halaman-halaman setelah halaman tersebut, namun tidak muncul di halaman sebelum halaman tersebut.

7. Sekarang klik pada halaman sesudahnya untuk menghilangkan atau menghapus header footernya, agar-halaman-halaman sesudahnya tidak mempunyai keader dan footer.

misal, Misal anda spesialuntuk ingin menambahkan header footer di halaman 5 saja, maka setelah anda menambahkan header dan footer untuk halaman 5, header dan footer akan ikut muncul juga di halaman 6, 7,8... dst.

oleh alasannya itu biar header footer spesialuntuk muncul di halaman 5 saja, anda harus menghilangkah header footer di halaman 6,7,8 dst... caranya klik saja pada halalaman  no 6. 

8. Silahkan klik saja pada halaman diberikutnya, kemudian pilih sajian Page Layout > break > contnous

9. double click pada header yang ingin anda hilangkan headernya atau double klik pada footer yang ingin anda hilangkan footernya, maka anda otomatis akan masuk ke menu Header & Footer desain.

10. Pada sajian Header & Footer desain, silahkan hilangkah seleksi pada menu link to previus

 Word muncul di halaman tertentu saja atau tidak sama setiap halaman Teknik Agar Header / Footer Ms. Word muncul di halaman tertentu saja


11. Sesudah itu pilih Menu Insert > header lalu pilih Remove Header jikalau anda ingin menghapus header atau Insert > Footer >remove footer untuk menghapus footer.


Header footer di halaman tersebut dan setelah halaman tersebut akan terhapus.. sehingga header dan footer spesialuntuk muncul di 1 halaman sebelumnya saja.

Kurang lebih akan terlihat menyerupai gambar di bawah ini:


misal di atas yang saya buat, header spesialuntuk muncul di halaman 2 saja, sedangkan halaman 1 dan 3 tidak mempunyai header dan footer.

Teknik di atas dapat juga anda gunakan untuk membuat header dan footer setiap halaman tidak sama satu sama lain, silahkan coba untuk bereksperimen.

Demikian terkena Teknik Agar Header / Footer Ms. Word muncul di halaman tertentu saja, semoga bermanfaa.



LihatTutupKomentar