-->
Cara Menyembunyikan Baris (Rows) Atau Kolom (Columns) Ms Excel
Untuk beberapa kasus terkadang beberapa baris (rows) atau kolom (cols) di lembar kerja microsoft excel perlu disembunyikan, untungnya ms excel lengkap sekali dengan aneka macam fitur dan sangat mudah sekali dipakai termasuk cara menyembunyikan sebagian baris atau column.

Untuk menyembunyikan sebagian baris atau kolom di ms excel bahwasanya sangat mudah sekali, tapi akungnya banyak pengguna ms excel terutayang gres mengenal masih belum tau terkena caranya, bahkan terkadang untuk beberapa pengguna yang sudah mengenal pun pada prakteknya spesialuntuk tau cara yang tergolong tidak praktis.

Untuk menyembunyikan kolom atau baris ms excel ada 2 cara, yang pertama satu per satu dan cara yang kedua secara sekaligus, yang paling prakis dan cepat yaitu cara ke 2 secara sekaligus.

Untuk anda yang belum mengetahui cara menyembunyikan atau hidden baris maupun beberapa kolom pada lembar kerja ms excel anda sanggup mengikuti cara yang saya uraikan di bawah ini.

Teknik Menyembunyikan sebagian baris atau kolom ms excel

Berikut cara yang sanggup anda gunakan untuk menyembunyikan / hide sebagian baris atau kolom pada lembar kerja ms excel:

1. Menyembunyikan column atau Kolom MS Excel

Untuk menyembunyikan satu atau beberapa kolom ms excel yaitu sebagai diberikut:

Teknik ke #1 : Menyembunyikan satu kolom
Klik saja pada header kolom atau header baris yang ingin anda sembunyikan, kemudian klik kanan kemudian pilih sajian hide, ibarat gambar di bawah ini:

misal di atas contohnya ingin menyembunyikan kolom F, anda tinggak klik kanan saja di header kolm F, pada sajian yang muncul kemudian pilih sajian Hide, kolom F pun akan tersembunyi.

Sayangnya cara ini usang jikalau kolom yang akan di hide jumlahnya banyak.

Teknik ke #2: Menyembunyikan banyak kolom
Teknik kedua berdasarkan saya paling mudah sebab sanggup dipakai untuk banyak kolom baik berurutan atau pun tidak. Langkah-langkah untuk menyembunyikan kolom ms excel yaitu sebagai diberikut:

Misal kolom ms excel yang akan kita sembunyikan kolom C, E, F, G dan H,

a. Langkah pertama anda harus menyeleksi kolom-kolom yang akan di hide tersebut.

b. Karena kolom yang akan diseleksi tidak berurutan, silahkan tekan dan tahan tombol CTRL kemudian klik pada kolom C, E, F, G dan H hingga terseleksi.

c. Sesudah terseleksi arahkan mouse sempurna di atas salah satu kolom terseleksi, kemudian klik kanan dan pilih sajian hide. terlihat ibarat gambar di bawah ini:

Untuk beberapa kasus terkadang beberapa baris  Teknik Menyembunyikan baris (rows) atau kolom (columns) ms excel

melaluiataubersamaini menekan sajian hide, maka kolom yang terseleksi akan di sembunyikan.

Oh ya jikalau Kolom yang ingin disembunyikan berurutan, anda tidak usah sambil menekan tombol CTRL pada keyboard, cukup seleksi saja kolom-kolomnya langsung. hingga terseleksi.

2. Menyembunyikan row atau baris MS Excel

Untuk menyembunyikan beberapa row atau baris di ms excel caranya tidak jauh tidak sama dengan menyembunyikan kolom di atas, namun yang anda seleksi yaitu baris ms excel yang ingin anda sembunyikan.

Sebagai pola misal saya akan menyembunyikan baris ms excel dari mulai baris 4 hingga 10, maka langkah pertama yaitu , menyeleksi ke 4 header baris tersebut, arahkan mouse sempurna di atas header baris yang terseleksi, kemudian klik kanan, kemudian pilih sajian Hide.

Untuk beberapa kasus terkadang beberapa baris  Teknik Menyembunyikan baris (rows) atau kolom (columns) ms excel




Lihat gambar di atas, saya seleksi header baris 4 hingga 10, kemudian pada salah satu header baris (kalo di agambar yang dipilih header baris ke 7) silahkan klik kanan, akan muncul sajian kemudian pilih sajian Hide.

Baris-baris yang terpilih pun akan disembunyikan.

Baca juga bagaimana cara Menampilkan kembali kolom atau baris ms excel yang disembunyikan


Demikian cara menyembunyikan Teknik Menyembunyikan sebagian baris atau kolom ms excel. semoba memmenolong.


LihatTutupKomentar