-->
Cara Gampang Mengunci Goresan Pena / Teks Ms. Word Supaya Tidak Dapat Diedit
Di artikel kali ini saya akan menguraikan bagaimana cara mengunci atau memproteksi seluruh maupun sebagian goresan pena atau teks pada dokumen microsoft word (ms word) semoga tidak sanggup diedit maupun di copy paste oleh orang lain.

Siapa yang tidak kenal dengan microsoft office, boleh dibilang software yang satu ini ialah aplikasi wajib yang harus terinstal di komputer, terutama komputer kantor, aplikasi microsoft office benar-benar sangat diperlukan, salah satu aplikasi yang paling banyak dipakai dari paket microsoft office ini ialah microsoft words.

Microsoft word ialah sebuah software atau aplikasi yang kebanyakan dipakai untuk mengetik (mengolah dokumen), hingga ketika ini microsoft word sudah beberapa kali direlease, dari mulai microsoft word 2000.... 2003, 2007, 2010, 2013, dan release yang terakhir ialah microsft word 2016.

Release terbaru microsft word benar-benar sangat menyesuaikan dengan keperluan pengguna, terutama kegampangan dan fitur yang semakin lengkap, salah satu fitur yang cukup bermanfaa yang ditawarkan oleh ms word ialah fitur keamanan untuk mengunci sebagian maupun seluruh text atau goresan pena di dalam dokumen ms word.

melaluiataubersamaini adanya fitur pengunci file word ini maka setiap teks pada dokumen microsoft word tidak akan sanggup dicopy paste maupun diubah sembarangan oleh orang lain , kecuali tau kunci untuk membukanya.

Tapi akungnya masih banyak pengguna mincrosoft word yang belum memanfaatkan fitur pengunci ini, bahkan ada saja yang sudah tau fitur ini namun masih belum tau cara menggunakannya.

Oleh alasannya ialah itu di artikel sederhana ini saya akan coba mempersembahkan tutorial sederhana bagaimana cara mengunci file maupun teks pada dokumen microsft word sehingga lebih kondusif dari pencurian tuliasan.

Teknik cepatdangampang Mengunci Teks Dokumen microsoft word.

Teknik mengunci word semoga tidak sanggup di edit ini saya khususkan untuk microsoft word 2007, ms word 2013 dan ms word 2016, alasannya ialah mengingat versi tersebut ialah versi yang paling banyak dipakai ketika ini dan beberapa pengaturan sajian nya tidak jauh tidak sama satu sama lain.

Namun di tutorial kali ini saya memakai ms word 2013, hening saja alasannya ialah langkah-langkahnya tidak jauh tidak sama dengan ms word di bawahnya 2007, maupun 2016, cuma beda-beda sedikit saja.

Langkah-langkah untuk mengunci file dan teks microsoft word ialah sebagai diberikut:

1. Buka dokumen ms word yang ingin anda protek semoga tidak sanggup diedit maupun di copy paste oleh orang lain.

2.  Pada halaman utama ms word, pilih sajian Review > kemudian pilih Restrict editing


Maka akan muncul pengaturan untuk memproteksi dokumen ms word anda di samping sebelah kanan.

3. Pada pengaturan yang muncul, silahkan centang pada pilihan "Allow only this type of editing in the document", kemudian pilih opsi Filling in forms, terlihat menyerupai gambar di bawah ini:

Di artikel kali ini saya akan menguraikan bagaimana cara mengunci atau memproteksi seluruh Teknik cepatdangampang Mengunci Tulisan / Teks MS. Word Agar tidak sanggup diedit

Sesudah itu kemudian tekan goresan pena Yes, Start Enforcing Protection, di bab bawahnya, maka akan muncul obrolan yang meminta anda untuk memasukan password untuk memproteksi dokumen ms word anda.

4. Berikutnya, silahkan seting password untuk dokumen anda pada obrolan yang muncul, menyerupai terlihat pada gambar di bawah ini:


Pastikan password yang anda masukan tidak lupa, alasannya ialah password tersebut nanti dipakai untuk membuka perlindungan dokumen ms word anda sehingga sanggup diedit kembali.

melaluiataubersamaini mengaktifkan perlindungan msword maka dokumen anda tidak akan sanggup di edit maupun di copy paste oleh siapapun.

Teknik membuka perlindungan ms word semoga sanggup di-edit

Sesudah dokumen ms word anda diberikan proteksi, maka dokumen tersebut tidak akan sanggup di edit maupun di copy paste / disalin, namun itu bukan berarti tidak sanggup diedit selamanya. anda pun sanggup membuka proteksinya kembali jikalau diperlukan.

Untuk membuka dokumen ms word yang sudah diproteksi sebelumnya, maka langkah-langkahnya hampir sama ketika anda ingin memproteksi doumen tersebut.

Langkah-langkahnya ialah sebagai diberikut:

1. Buka dokumen ms word yang sudah diproteksi sebelumnya.

2. Pilih Menu Review > Restrict Editing

3. kemudian pada tampilan yang muncul di bab kanan, silahkan tekan saja tombol stop protection, terlihat menyerupai gambar di bawah ini:

Di artikel kali ini saya akan menguraikan bagaimana cara mengunci atau memproteksi seluruh Teknik cepatdangampang Mengunci Tulisan / Teks MS. Word Agar tidak sanggup diedit


4. Kemudian silahkan masukan password perlindungan dokumen microsoft word anda.


Sesudah password di masukan tekan saja tombol OK.

Tapi pastikan password yang anda masukan benar, tidakboleh hingga salah, jikalau salah atau lupa password, maka dokumen ms word anda tidak akan sanggup diedit selamanya.


Teknik mengunci Sebagian teks dokumen ms word?

Teknik di atas ialah cara yang sanggup anda gunakan untuk mengunci seluruh teks pada dokuemen microsoft word anda, sehingga tidak sanggup dimodifikasi atau disalin, kemudian bagaimana jikalau yang ingin kita perlindungan spesialuntuk sebagaian teks atau goresan pena saja.

Ternyata selain untuk memproteksi atau mengunci seluruh teks pada dokumen, ms word juga sanggup kita gunakan untuk mengunci sebagian teks pada dokumen, jadi nanti yang tidak sanggup diedit maupun di salin spesialuntuk tulisan-tulisan pada bab yang diproteksi nya.

Langkah-langkah untuk mengunci sebagian teks dokumen ms word semoga tidak sanggup di edit atau disalin ialah sebagai diberikut:

1. Buka dokumen ms word anda.

2. Seleksi pada tulisan/ teks yang tidak ingin anda kunci semoga goresan pena tersebut masih sanggup di edit maupun di salain, dan tidakboleh seleksi pada goresan pena yang ingin diproteksi,

Untuk megampangkan melaksanakan seleksi tekan tombol CTRL ketika anda menyeleksi goresan pena memakai mouse, kurang lebih menyerupai tampilan di bawah ini:

Di artikel kali ini saya akan menguraikan bagaimana cara mengunci atau memproteksi seluruh Teknik cepatdangampang Mengunci Tulisan / Teks MS. Word Agar tidak sanggup diedit

3. Lalu Pilih Menu Review > Restrict editing

4.  Pada tampilan yang muncul lakukan pengaturan diberikut:

  • Ceklis Limit Formating to a selections of styles
  • Ceklis juga pada Allow only this type of editing in the document, kemudian pilih opsi comments
  • Pada opsi group ceklis everyone
Terlihat menyerupai gambar di bawah ini:

Di artikel kali ini saya akan menguraikan bagaimana cara mengunci atau memproteksi seluruh Teknik cepatdangampang Mengunci Tulisan / Teks MS. Word Agar tidak sanggup diedit


Kemudian tekan tombol "Yes, Start enforcing protection" di bab bawah.

Lalu silahkan masukan password perlindungan anda.

melaluiataubersamaini pengaturan di atas, maka teks yang anda seleksi masih akan sanggup di edit sementar goresan pena yang anda tidak seleksi tidak akan sanggup diedit atau disalin.

Itulah terkena cara mengunci sebagian teks atau goresan pena pada dokumen ms word semoga tidak sanggup diedit atau di salin (copy paste).

Teknik di atas saya lakukan di ms word 2013, namun sanggup juga anda gunakan di ms word 2007, microsoft word 2010, maupun ms word 2017, alasannya ialah ketiga versi ms word di atas memang dari sisi tampilan maupun  persentasi menunya tidak jauh tidak sama.

Demikian artikel sederhana terkena cara simpel mengunci teks dokumen ms word baik full maupun sebagian goresan pena saja, semoga artikel di atas bermanfaa untuk anda.

LihatTutupKomentar