-->
Cara Menciptakan Nomor Halaman Ms Word Berbeda Di 1 Dokumen (Word 2007, 2010, 2013, 2016)
Penomoran halaman untuk sebuah dokumen ibarat laporan, skripsi, makalah ialah satu hal yang sangat penting dan harus diperhatikan, alasannya nomor halaman akan megampangkan pembaca untuk menemukan halaman yang dimaksud di daftar isi.

Pemdiberian nomor halaman di ms word benar-benar sangat praktis sekali, cukup dengan beberapa langkah saja, penomoran halaman akan muncul, di Ms Word sendiri ada beberapa format penomoran halaman yang dapat kita pilih ibarat penomoran dengan angka, karakter a,b,c...., dengan angka romawi  i,ii, iii....dan format lainnya.

Begitu juga untuk lokasi penomoran, ada baberapa lokasi penomoran yang dapat kita pilih, dapat di atas (kiri, tengah dan kanan), atau di belahan bawah kiri, tengah atau kanan, nomor akan otomatis muncul secara berurutan di lokasi yang kita tentukan.

Format penomoran saat kita gunakan maka akan muncul berurutan dan setiap halaman dalam satu dokumen akan mempunyai jenis penomoran yang sama, baik penomoran yang dipakai maupun lokasi penomorannya.

Sayangnya untuk laporan karya ilmiah, penomoran ibarat itu tidak cocok, alasannya karya ilimiah ibarat skripsi atau makalah memakai penomoran yang tidak sama-beda untuk setiap halaman.

Untuk anda yang ingin membuat dokumen ms word anda mempunyai penomoran tidak sama untuk setiap halaman dan anda belum tahu caranya atau lupa, maka di artikel kali ini saya akan coba uraikan kembali langkah-langkahnya.

Teknik Membuat Nomor Halaman Ms Word tidak sama di 1 dokumen (word 2007, 2010, 2013, 2016)

Saya asumsikan anda sudah mempunyai dokumen microsoft word yang siap untuk dibubuhkan nomor halaman.

Untuk format penomoran halaman semoga tidak sama untuk setiap halalaman tertentu, langkah-langkahnya ialah sebagai diberikut:

1. Buka file dokumen microsoft word anda.

2. Misal nomor halamannya yang ingin dibentuk beda ialah halaman 1 dan 2, contohnya halaman 1 nomornya di bawah tengah, sedangkan halaman 2 nomornya di sudut kanan atas.

3. Klik halaman 1, Pilih sajian Insert > Page Number > Bottom Of Page pilih Plain Number 2 yang posisinya di bawah tengah.

Maka nomor halaman pun secara otomatis akan muncul di halaman 1 dan halaman 2 dengan format 1,2,3... dst yang posisinya di tengah bawah.

4. Keluar dari mode edit number, tekan saja tombol Close Header & footer di sajian desain, atau double klik di tengah halaman.


4. Selanjutnya Ubah penomoran di halaman 2 semoga nomor muncul di pojok kanan atas.

Tekniknya:

a. Klik pada halaman 2, tempatkan kursor di baris goresan pena paling atas dan paling kiri.


b. Klik sajian PageLayout>Breaks> Continous
Biasanya sih goresan pena akan turun ke bawah satu baris, biarkan saja doloe, perbaiki nanti terakhir setelah page number dimasukan

c. Doubleclick pada header halaman, hingga masuk mode edit header, Lalu pada sajian desain hilangkan seleksi pada Link To Previous


 Tujuannya semoga halaman 2 prilakunya tidak ikut-ikutan halaman sebelumnya.

d. Lalu pilih sajian Insert > Page Number > Top of Page > Plain Number 3 semoga number muncul di pojok kanan atas.

Number pun akan muncul, dipojok kanan atas, setelah number muncul silahkan keluar dari mode edit header, double klik saja di tengah halaman.

e. Hapus number di bawah tengah yang muncul di halaman 2
Halaman 2 masih mempunyai number yang letak dan posisinya di bawah tengah yang harus kita hapus.
Tekniknya:

  • Double klik footer halaman 2 hingga masuk mode edit footer
  • Lalu pada sajian desain hilangkan seleksi pada tombol Link to Previous
  • Lalu klik sajian insert > Page number > Remove page number, untuk menghapus nomor di bawah halaman tersebut.
  • Keluar dari mode edit footer (double klik saja di tengah halaman)
melaluiataubersamaini cara di atas anda sudah mempunyai dokumen dimana halaman 1 nomor nya di bawah tengah, sedangkan halaman 2 numbernya di atas kanan.

melaluiataubersamaini langkah yang sama anda dapat juga memodifikasi lembar dokumen lainnya semoga penomorannya tidak sama satu sama lain. 

Semoga artikel perihal Teknik Membuat Nomor Halaman Ms Word tidak sama di 1 dokumen (word 2007, 2010, 2013, 2016)

LihatTutupKomentar