-->
Cara Menciptakan Titik-Titik Daftar Isi Rapi Dan Otomatis Di Ms Word 2007, 2010, 2013, 2016
Dafatr isi yaitu suatu cuilan yang sangat penting yang harus ada dalam sebuah dokumen atau karya tulis baik itu skripsi, karya ilmiah, makalah maupun dokumen lainnya, terutama dokumen dengan jumlah halaman yang banyak.

Fungsi daftar isi yaitu untuk mempersembahkan petunjuk kepada pembaca terkena kandungan secara garis besar yang terdapat pada isi dokumen tersebut, sekaligus mereke lebih mudah untuk menemukan halaman yang dimaksud.

Dokumen tanpa daftar isi akan membuat pembaca susah untuk melihat isi dokumen secara garis besar dan susah menemukan isi halaman yang hendak dicari.



Untuk membuat daftar isi di microsoft word bergotong-royong sangatlah gampang, ada 2 cara yang sanggup kita gunakan, cara otomatis dan cara manual.

Yang paling mudah tentu saja menciptakan daftar isi secara otomatis, sebab selain jadinya lebih rapih, anda tidak direpotkan harus membuat judul-judul dan sub judul daftar isi secara manual, begitu juga anda tidak direpotkan harus memasukan penomoran halaman secara manua.

 Judul-judul, sub judul dan juga number pada daftar isi otomatis akan digenerate secara otomatis oleh microsoft word lengkap dengan titik-titik nya.

Namun Untuk sebagian pengguna ada juga yang lebih nyaman membuat daftar isi secara manual, walaupun pengguna harus menulis satu-persatu judul-judul dan sub judul yang ingin dibentuk di daftar isi lengkap dengan nomor halamannya, begitu juga dengan titik-titiknya juga harus dibentuk secara manual.

Tapi ada cara biar pembuatan titik-titik pada daftar isi yang dibentuk manual sanggup dibentuk otomatis, caranya yaitu dengan memakai metode tabulasi.

Di artikel kali ini saya akan coba urakan bagaimana cara membuat titik-titik secara otomatis pada daftar isi, ini berlaku untuk hampir tiruana versi microsoft word terbaru, baik versi ms word 2007, microsoft word 2010, microsoft word 2013 maupun word 2016.

Teknik Membuat titik-titik otomatis untuk daftar isi manual di ms word 2007, 2010, 2013, 2016

Untuk membuat titik-titik otomatis pada daftar isi yang ditulis secara manual, biar titik titik muncul ketika menekan tombol tab pada keyboard, maka langkah-langkahnya yaitu sebagai diberikut:


1. Buka dokumen ms word anda

Sebelum membuat titik-titik otomatis, silahkan amati bagian-bagian ms word untuk memenciptakan titik-titik daftar isi otomatis ibarat terlihat pada gambar di bawah ini:



2. Pastikan Ruler sudah muncul
Jika mistar / ruler tidak muncul, maka untuk memunculkannya caranya, pilih sajian View > kemudian centang opsi Ruler


Maka ruler atau penggaris pun akan muncul.



3. Letakan kursor di posisi atas sebelah kiri pada lembar daftar isi yang masih kosong

4. Pastikan tanda tabulasi ibarat gambar di bawah ini:



Jika yang muncul bukan itu, silahkan lakukan klik berkali-kali sampai menemukan tanda ibarat itu.

5. Sesudah itu, klik pada ruler di posisi dimana tanda titik-titik ingin berakhir, misal di posisi 14 ibarat terlihat pada gambar di bawah ini:


Tanda Tabulasi yang kita pilih pun akan muncul pada ruller.

Tanda tabulasi tersebut dipakai untuk batas ujung titik-titik sebelah kanan.


6. Selanjutnya, double klik tanda tersebut memakai tombol mouse sebelah kanan, maka akan muncul obrolan diberikut:


Silahkan pilih Opsi 2................., kemudian tekan Tombol SET, kemudian OK.

7. Pilih lagi tanda tabulasi sampai terlihat ibarat gambar di bawah ini:


Jika yang muncul bukan gambar tabulasi itu, silahkan lakukan klik satu kali-satu kali di tanda itu, dan berhenti ketika sudah menemukan gambar itu.

8. Klik pada ruller di sebelah tanda tabulasi yang sudah diletakan sebelumnya, misal di posisi 14.5. terlihat ibarat gambar di bawah ini:

Maka tanda tabulasi yang dipilih pun akan muncul pada ruler.
Tanda itu nanti kita gunakan untuk menempatkan Nomor halaman setelah titik-titik.

Mengisi Daftar Isi

Sesudah pengaturan di atas selesai dilakukan, saatnya kita mengisi lembar daftar isi.

Teknik mengisi lembar daftar isi langkah-langkahnya yaitu sebagai diberikut:

1. Tulis Isi daftar isi

2 Sesudah ditulis,  untuk membuat titik-titik daftar isi secara otomatis, caranya tekan tombol TAB, pada keyboard, maka tanda titik-titik pun akan muncul otomatis.

3. Selanjutnya untuk meletakan Nomor halaman di samping titik-titik, tekan lagi tombol Tab, maka kursor pun akan pindah, kemudian masukan nomor halaman.

Hasilnya akan terlihat ibarat gambar di bawah ini:


Itulah artikel terkena Teknik Membuat titik-titik otomatis untuk daftar isi manual di ms word 2007, 2010, 2013, 2016, semoga bermanfaa untuk anda.

Menurut saya cara paling parktis membuat daftar isi yaitu dengan cara membuat daftar isi otomatis, dengan membuat daftar isi otomatis anda tidak perlu lagi menulis judul dan sub-sub judul daftar isi, tidak perlu membuat titik-titik serta tidak perlu memasukan nomor halaman.

melaluiataubersamaini daftar isi otomatis tiruananya akan digenerate secara otomatis, mudah dan cepat.

LihatTutupKomentar