-->
Cara Menghapus Nomor Halaman Di Ms Word Pada Halaman Tertentu
Di artikel sebelumnya saya pernah menandakan bagaimana cara menambahkan nomor halaman di microsoft word, caranya tidaklah susah alasannya yakni fiturnya memang sudah disediakan.

Masih terkait dengan penomoran halaman, di artikel kali ini saya akan mencoba menguraikan bagaimana cara menghapus nomor halaman di software ms word pada halaman tertentu saja, tapi sebelum saya uraikan langkah-langkahnya secara panjang lebar saya akan coba uraikan sedikit terkena apa itu nomor halaman.

Page number atau nomor halaman di aplikasi ms word yakni salah satu fitur yang sanggup dipakai untuk menambahkan nomor pada setiap halaman dokumen ms word, dikala ini ms word menyediakan banyak sekali format penomoran,yang meliputi format penomoran memakai angka 1,2,3...,a,b,c...,i,ii,iii... dan format penomoran lainnya.

Begitu juga untuk posisi penomoran, microsoft word juga menyediakan posisi penomoran di beberapa lokasi, yaitu bahwa (Kiri, tengah dan sebelah kanan) dan atas (kiri, tengah dan kanan).

melaluiataubersamaini tersedianya fitur page number dengan banyak sekali format penomoran dan juga lokasi penomoran, selain sanggup menentukan penomoran yang sesuai kebutuhan, pengguna juga sanggup menambahkan atau menghapus nomor halaman dengan gampang.



Secara bawaan (default) format penomoran halaman yang dipakai akan dipakai juga oleh seluruh halaman, jadi kalau kita menambahkan nomor di salah satu halaman dokumen ms word anda, maka seluruh halaman pada dokumen ms word tersebut akan mempunyai format dan lokasi penomoran yang sama.

Walaupun begitu pengguna sebetulnya sanggup saja membuat penomoran tidak sama untuk setiap halaman kalau diperlukan, namun caranya sedikit tidak sama dan harus memakai cara-cara khusus yang tidak banyak orang tau.
Silahkan saja baca: Teknik Membuat penomoran tidak sama untuk setiap halaman


Begitu juga ketika pengguna ingin menghapus atau menghilangkan nomor halaman spesialuntuk untuk halaman tertentu saja, itupun masih sanggup dilakukan, namun caranya sedikit tidak sama dan jarang sekali digunakan, sehingga tidak heran banyak yang masih belum tau caranya dan atau lupa.

Teknik menghapus nomor halaman di ms word pada halaman tertentu

Untuk menghapus sebagian nomor halaman di ms word langkah pertama kita harus melaksanakan page break pada halaman yang ingin dihilangkan nomornya, kemudian menghilangkan opsi link to previous semoga halaman tersebut prilakunya tidak ikut-ikutan menyerupai halaman sebelumnya.

Terakhir kita hapus saja nomor halaman yang terdapat pada halaman tersebut memakai opsi hapus page number.

Untuk lebih jelasnya, langkah-langkahnya sebagai diberikut:

misal Kasus:

Anggap saja kita mempunyai dokumen ms word dengan 5 page / lembar yang sudah meliputi nomor halaman di bab bawah sebelah kanan, kiprah kita adalah  menghapus atau menghilangkan nomor halaman di halaman 2 saja, sehingga yang mempunyai nomor halaman yakni halaman 1, 3 dan halaman selanjutnya, sementara halaman 2 tidak mempunyai nomor halaman

Untuk menuntaskan kasus di atas, langkah-langkahnya yakni sebagai diberikut:

Langkah #1:

Klik pada halaman 2 yang ingin kita hilangkan nomornya, arahkan kursor semoga berada diposisi paling atas sebelah kiri pertama teks atau tulisan.

Ilustrasinya kurang lebih sanggup di lihat pada gambar di bawah ini



Langkah #2 :

Kemudian pilih menu Page Layout > Breaks > Continous
Biasanya sih goresan pena akan bergeser ke bawah satu spasi, biarkan saja doloe nanti terakhir rapikan lagi.

Langkah #3:

Double klik pada footer halaman 2 semoga masuk ke mode edit footer, kalau sudah masuk ke edit footer biasanya akan muncul hidangan desain.

Lalu pada hidangan desain hilangkan seleksi pada link to previous, kurang lebih menyerupai gambar di bawah ini:


Langkah #4:

Hapus nomor halaman dengan menentukan hidangan insert > page number > remove page number.
Maka nomor halaman di halaman 2,3,4,5 akan terhapus.

Oh ya untuk menghapus nomor halaman tidakboleh memakai tombol keyboard delete ya, tapi harus melalui hidangan insert > page number > remove page number. ikuti saja cara di atas semoga jadinya benar.

Sesudah nomor halaman terhapus, keluar dari mode edit header footer dengan cara melaksanakan double klik di tengah halaman, atau dengan cara pilih hidangan desain > close Header & Footer.


Sehingga anda akan keluar dari mode edit header footer.

Sampai langkah di atas maka halaman 1 masih mempunyai nomor halaman sedangkan halaman lainnya nomornya akan hilang atau terhapus.

Its ok... lanjutkan saja..

Langkah #5:

Biarkan halaman 2, kini menuju halaman halaman 3.

Agar nomor di halaman 3 muncul kembali, maka pada halaman 3 arahkan kursor di atas paling kiri goresan pena menyerupai langkah #1 di atas.



Kemudian pilih hidangan page layout > breaks > continous

Kemudian pada halaman 3 silahkan lakukan double klik di bab footer halaman, menyerupai langkah 3 di atas semoga masuk ke mode edit haeader footer.

Pada hidangan desain kemudian Hilangkan opsi link to previous

Langkah #6:

Masih dalam mode edit header footer, setelah seleksi  link to prevous di hilangkan, selanjutnya masukan nomor halaman untuk halaman 3 tersebut, dengan menentukan hidangan Insert > Page Number.> Bottom of page.

Nomor halaman pun akan muncul kembali di halaman 3, 4 dan seterusnya dengan nomor yang muncul yaitu angka 3, 4 dan seterusnya.

Langkah #7:

Atur nomor urut halaman.
Masih dalam mode edit header footer, atur nomor urut halaman, dengan menentukan hidangan Insert >Page Number > Format page number...


Pada obrolan page number di opsi start at masukan angka 2 menyerupai pada gambar di atas, tujuannya semoga dari mulai halaman 3 dan seterusnya mempunyai nomor halaman dengan nomor urut 2,3, dan seterusnya.


melaluiataubersamaini cara di atas, maka 5 halaman pada Dokumen ms word anda akan mempunyai nomor halaman diberikut:


  • Halaman 1 nomor halaman 1,
  • Halaman 2 Tidak ada nomor halaman (nomor halaman dihilangkan)
  • Halaman 3, 4 dan seterusnya akan mempunyai nomor halaman 2, 3,4 dst...


Teknik di atas sanggup diubahsuaikan degan kebutuhan.


Intinya untuk menghilangkan nomor halaman pada halaman tertentu di microsoft word, baik di microsoft word versi 2007, 2010, microsoft word 2013 juga 2016 maka anda harus melaksanakan page break > Continous pada halaman yang ingin dibentuk tidak sama, kemudian menghilangkan centang opsi link to previous, semoga halaman tersebut sanggup dibentuk tidak sama prilakunya dengan halaman sebelumnya.

Teknik di atas juga berlaku untuk anda yang ingin menciptakan header dan footer tidak sama untuk setiap halaman.

LihatTutupKomentar