-->
Cara Mengatur Margin Untuk Skripsi Atau Karya Ilmiah Di Ms Words
Teknik Mengatur Margin Untuk Skripsi atau karya ilmiah di ms words - Untuk membuat karya ilmiah atau skripsi memang tidak sembarangan, ada aturan-aturan yang harus dipatuhi salah satunya yaitu ukuran keretas, penomberan halaman, ukuran tulisan, jarak paragraph tulisan, margin dan lain sebagainya.

Karya ilmiah biasanya harus memakai kretas ukuran A4 dengan berat  80 gram perlembar, memakai spasi 1,4 sampi 2 space, ukuran goresan pena yaitu 12 px dan jenis font yaitu times new roman, sedangkan untuk margin halaman di indonesia mempunyai standar tersendiri biasanya memakai ukuran centimeter (cm), dengan batasan halaman harus mempunyai margin TOP) 4 cm, LEFT (kiri) 4 cm, BOTTOM (bawah) 3 cm dan RIGHT (kanan) 3cm, margin yaitu batas halaman atas, kiri bawah dan kanan.


Jika anda kebetulan pemula memakai ms words dan anda kesusahan mengatur margin, maka di peluang kali ini saya akan coba uraikan langkah-langkah bagaimana cara mengatur margin halaman untuk skripsi atau tesis sehingga anda dapat dengan praktis mengaturnya sendiri.

Teknik Mengatur Margin Untuk Skripsi atau karya ilmiah di ms words

Berikut yaitu cara mengatur margin halaman untuk skripsi atau karya ilmiah:

A.  Atur ukuran ke Centimeters

Langkah pertama yang harus dipastikan yaitu bahwa unit atau ukuran yang dipakai di ms words yang sedang anda gunakan yaitu centimeters (cm), untuk mengatur semoga ukuran yang dipakai centimeter maka langkahnya yaitu sebagai diberikut:

1. pilih hidangan file > options

2. pada words option silahkan cari hidangan advanced di sebelah kiri, lalu scroll ke bawah dan temukan kategori pengelompokan dengan nama display, sepeti gambar di bawah ini:

Teknik Mengatur Margin Untuk Skripsi atau karya ilmiah di ms words Teknik Mengatur Margin Untuk Skripsi atau karya ilmiah di ms words

Lihat pada label "show measurements in units of:" jikalau pilihan bukan centimeters, silahkan anda pilih centimeters, lalu tekan tombol ok.

dengan pengaturan di atas maka aplikasi ms words yang anda gunakan kini sudah memakai ukuran dalam centimentes, ini penting semoga kita tidak kesusahan saat ingin mengatur margin halaman, alasannya pada umumnya di indonesia ukuran yang paling umum dipakai yaitu centimeters daripada inches.

B. Atur Margin

Oh ya ingat margin untuk skripsi atau karya ilmiah yaitu atas 4 cm, kiri 4 cm, bawah 4 cm dan kanan 4 cm, langkahnya yaitu sebagai diberikut:

1. Pilih menu Page Layouts > lalu tekan tombol Margins (sebelah kiri), lalu pada pilihan yang muncul tekan tombol Customs Margin, semoga anda dapat mengaturnya sesuai dengan ukuran yang anda inginkan.

maka akan terlihat obrolan akomodasi untuk mengatur margin ibarat gambar di bawah ini:

Teknik Mengatur Margin Untuk Skripsi atau karya ilmiah di ms words Teknik Mengatur Margin Untuk Skripsi atau karya ilmiah di ms words
Silahkan atur
TOP: 4 cm
LEFT : 4 cm
BOTTOM: 4 cm
RIGHT: 4 cm

Kemudian tekan tombol Ok.

Bagaimana praktis bukan, demikian Teknik Mengatur Margin Untuk Skripsi atau karya ilmiah di ms words, semoga bermanfaa.

LihatTutupKomentar