-->
Cara Cepat Menciptakan Daftar Isi Otomatis Di Ms Word Untuk Makalah, Skripsi Dan Proposal
Teknik Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di ms Word untuk makalah, skripsi dan proposal - Sebenarnya daftar isi dibentuk untuk megampangkan pembaca menemukan sub-sub belahan dalam sebuah dokumen baik itu dokumen skripsi, tesis, makalah, proposal, buku bacaan, karangan ataupun dokumen lainnya, sebuah dokumen yang mempunyai banyak halaman sangat penting sekali untuk dibuatkan daftar isi semoga lebih mudah untuk di navigasi.

Isi dari daftar isi intinya yakni judul-judul dan sub-sub judul beserta halaman untuk judul dan sub judul tersebut yang ada didalam dokumen, tampilannya biasanya terstruktur, judul menjorok paling kiri, kemudian sub-sub judul menjorok ke kanan sehingga kelihatan rapih.

Teknik Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di ms Word untuk makalah Teknik Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di ms Word untuk makalah, skripsi dan proposal
Daftar isi ms words

Di microsoft word versi terbaru baik itu ms word versi 2007, 2013, maupun 2016, bekerjsama sudah disediakan kemudahan otomatis untuk membuat daftar isi, dengan kemudahan ini anda dapat membuat daftar isi spesialuntuk dalam hitungan detik dengan beberapa kali klik saja, akungnya fitur ini kadang terlewat untuk dipakai dikarenakan banyak para pengguna yang belum tau caranya, pada kesudahannya mereka menentukan cara-cara manual atau cara kurang praktis, contohnya saja memakai tabulasi untuk menampilkan titik-titik, atau ditulis pribadi secara manual.

Nah di peluang kali ini saya akan coba share wacana cara membuat daftar isi dengan sangat cepat, spesialuntuk dengan beberapa klik saja maka daftar isi untuk dokumen anda akan otomatis dibentuk dengan struktur yang rapi tentunya.

Persiapan Sebelum membuat daftar isi otomatis di ms Word

Berikut yakni persiapan untuk membuat daftar isi otomatis baik di microsoft word 2016, 2013, 2010 maupun microsoft word 2007 yang dapat anda gunakan untuk daftar isi makalah, proposal, skripsi ataupun dokumen lainya.

Persiapan membuat daftar isi otomatis yakni sebagai diberikut:

1. Perhatikan hukum penulisan judul dan sub judul dalam dokumen
Jika judul yang anda buat ingin dibentuk 2 baris atau lebih, maka tidakboleh menekan tombol enter saja tapi harus tekan tombol shift+enter semoga si text pindah ke baris diberikutnya, sebab bila menekan enter saja, maka akan besar lengan berkuasa ke daftar isi yang tidak rapi.

Misal saya ingin membuat judul BAB I PENDAHULAN, tapi saya ingin  goresan pena BAB I ada di atas dan goresan pena PENDAHULUAN di bawahnya, misal menyerupai di bawah ini

BAB I
PENDAHULUAN

Biasanya semoga penlampauan ada di bawahnya kita cukup menekan enter, tapi untuk persiapan membuat daftar isi otomatis, yang ditekan harus sift + enter. (semoga anda paham)

2. Judul Bab dan sub-sub judul Bab harus memakai Format Heading
Memang pada umumnya judul-judul yang dibentuk biasanya memakai ukuran font besar kemudian ditebalkan (Bold), tapi untuk persiapan membuat daftar isi otomatis Judul-judul harus disajikan memakai heading.

Untuk judul belahan memakai format heading 1, dan sub-sub belahan memakai heading 2 bila sub-sub judul mempunyai sub-judul lagi gunakan heading 3 dan seterusnya.


Teknik semoga text judul dan sub-sub judul memakai format heading yakni sebagai diberikut:

Pilih goresan pena judul yang ingin diformat kemudian blok (seleksi), kemudian Tekan menu home, kemudian klik tombol heading yang ada disebelah kanan untuk group styles, menyerupai gambar di bawah ini:

Teknik Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di ms Word untuk makalah Teknik Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di ms Word untuk makalah, skripsi dan proposal

melaluiataubersamaini menekan hidangan heading, maka tampilan goresan pena judul akan sesuai dengan format heading yang digunakan.

Silahkan format judul dan sub-sub judul memakai heading, judul dengan heading 1, sub-sub judul dengan heading 2, bila sub judul mempunyai sub-sub judul lainnya maka gunakan heading 3 untuk sub-sub judul tersebut begitu seterusnya.

3. Modifikasi format Heading
Heading secara default mempunyai warna text biru muda, semoga warna, ukuran sesuai dengan yang kita inginkan kita harus memodifikasinya terlebih lampau sebelum heading tersebut dipakai untuk format judul dan sub-sub judul.

Tekniknya pilih menu home, kemudian lihat disebelah kanan tepatnya di group styles, silahkan modifikasi doloe format heading-heading yang tersedia semoga sesuai dengan yang kita inginkan.

Misal heading 1, saya ingin warnanya hitam, jenis textnya time new roman, ukuran 16 dan ditebalkan maka, klik kanan pada heading 1, pilih hidangan modify, menyerupai terlihat pada gambar di bawah ini:

Teknik Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di ms Word untuk makalah Teknik Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di ms Word untuk makalah, skripsi dan proposal


Pada obrolan pengaturan silahkan anda atur semoga heading yang nanti akan kita gunakan untuk memformat goresan pena sesuai dengan format yang kita inginkan, baik warna, ukuran text maupun jenis textnya.

Begitu juga untuk memodifikasi format heading 2, heading 3 dan seterusnya, caranya sama,pastikan bahwa judul belahan dan sub-sub judul belahan sudah diformat memakai heading1,2,3....


Langkah-langkah membuat daftar isi Otomatis secara cepat

Saya anggap dokumen anda (skripsi, makalah maupun proposal), judul belahan dan sub-sub judul belahan sudah memakai format heading. langkah selanjutnya yakni membuat daftar isi otomatis.

1. Ingat daftar isi yang dibentuk harus didalam dokumen yang sama, silahkan menuju halaman dokumen yang di atasnya anda ingin membuat halaman daftar isi, klik pada halaman tersebut kemudian tekan tombol CTRL+SIFT+ENTER untuk insert halaman kosong di atasnya.

2. Pilih menu preferensece kemudian pilih tombol Table of contents (letak dan posisinya paling kiri), silahkan pilih tampilan daftar isi pada hidangan yang tersedia.

Teknik Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di ms Word untuk makalah Teknik Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di ms Word untuk makalah, skripsi dan proposal

Maka tampilannya secara otomatis akan terlihat menyerupai ilustrasi gambar di bawah ini (spesialuntuk sekedar contoh):
Teknik Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di ms Word untuk makalah Teknik Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di ms Word untuk makalah, skripsi dan proposal

Silahkan Tulisan Contens, anda ubah sesuai dengan yang anda inginkan contohnya Daftar Isi.

Jika terjadi perubahan judul atau halaman dalam dokumen dikarenakan penambahan goresan pena dan lain sebagainya, maka setelah selesai dokumen di edit, silahkan klik pada halaman daftar isi yang sudah dibentuk sebelumnya, kemudian tekan tombol Update Table... yang muncul. ini semoga daftar isi melaksanakan perubahan sesuai dengan perubahan halaman yang terjadi.

***

Daftar isi yang dibentuk dengan cara ini maka, setiap daftar isi dapat diklik, dan bila diklik akan menuju ke halaman yang dimaksud.


Itulah artikel perihal  Teknik Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di ms Word untuk makalah, skripsi, proposal, semoga bermanfaa.



LihatTutupKomentar