-->
Cara Print Yang Benar Di Ms Excel Supaya Halaman Tidak Terpotong
Teknik Print yang benar di Ms Excel khusus pemula semoga halaman tidak terpotong - Saya yakin untuk anda yang belum terlalu usang memakai microsoft excel (ms excel), anda akan sedikit kesusahan saat ingin melaksanakan print atau mencetak worksheet ms excel yang anda buat, sebab dapat jadi karenanya tidak akan sesuai dengan yang anda inginkan.

Itu juga pernah saya alami saat pertama kali memakai excel dan ingin mencetak halaman excel yang saya buat, eh setelah dicoba karenanya malah acak-acakan, sebagian ada yang kepotong, halaman kosong sebagian, bahkan ada juga karenanya malah lebih kecil atau terlalu besar.

Sesudah mendapat pengetahuan terkena cara print di excel, ternyata untuk melaksanakan print di ms excel tidak segampang print di ms word, di excel sebelum melaksanakan print pengguna harus  melaksanakan pengaturan-pengaturan tertentu, sehingga hasil print dapat sesuai dengan yang diharapkan.

Teknik Print yang benar di Ms Excel khusus pemula semoga halaman tidak terpotong Teknik Print yang benar di Ms Excel semoga halaman tidak terpotong


Jika pengaturan tidak dilakukan, maka hasil print dapat saja tidak akan sesuai dengan ukuran kertas yang digunakan, dapat saja ukurannya menjadi lebih besar, lebih kecil atau bahkan hasil print terpotong sebagian tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Khusus untuk anda yang masih pemula di dunia ms excel, maka di artikel kali ini saya akan coba menguraikan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan sebelum melaksanakan print di ms excel semoga hasil print bagus, tidak terpotong dan sesuai engan ukuran keretas yang diinginkan.


Teknik Print di Excel semoga halaman tidak terpotong 

Untuk melaksanakan print yang benar di microsoft excel semoga hasil print sesuai dengan yang diperlukan maka langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu sebagai diberikut:

Langkah #1 : Buka ms excel kemudian siapkan halaman ms excel yang ingin anda print / cetak

Silahkan anda buka aplikasi ms excel, atau file excel yang ingin anda print / cetak

Langkah #2:Tentukan Ukuran keretas dan juga Orientasi keretas

Untuk memilih ukuran keretas, pilih sajian Page Layout > pada group page setup, klik tombol Size > kemudian pilih ukuran keretas yang diinginkan misalkan saja untuk referensi kita pilih ukuran A4

Sedangkan untuk mengatur orientation (posisi kertas) pilih sajian Page Layout, kemudian pada group page setup, klik tombol Orientation, kemudian pilih orientation (landscape atau portrait), misalkan saja untuk referensi kita pilih portrait

Langkah #3:
Tentukan Print Area (Area cetak)

Langkah selanjutnya, memilih print area atau area dokumen yang ingin dicetak, caranya silahkan anda blok atau seleksi area yang ingin diprint, kemudian tekan menu Page Layout, pada group page setup pilih tombol print area > set print area


Tujuannya yaitu untuk memilih print area atau area halaman yang ingin dicetak, setelah set print area di tekan, biasanya akan muncul garis yang menerangkan itu yaitu area yang akan muncul saat dicetak.

Langkah #4
Sembunyikan Kolom diluar Halaman yang ingin diprint.

Agar halaman excel yang ingin diprint terlihat dan praktis diatur, sebaiknya kita hilangkan kolom-kolom yang berada diluar print area, sehingga nanti yang terlihat spesialuntuk bagian-bagian yang ingin diprint saja.

Untuk Menyembunyikan kolom-kolom yang berada diluar print area, maka langkah-langkahnya yaitu sebagai diberikut:

Pilih menu View, kemudian pada group Workbook view tekan tombol Page Break Preview, maka akan kelihatan menyerupai gambar di bawah ini:



Maka kolom-kolom yang berada di luar print area menjadi tidak kelihatan dan berwarna bubuk tua, menyerupai terlihat pada gambar di atas.


Sesudah langkah ke #4 di atas dilakukan, maka akan muncul Garis-garis Biru horizontal dan vertical,  dan juga akan muncul goresan pena watermark Page 1, page 2 dst...

Garis Biru tersebut untuk mengatur halaman print, anda dapat geser geser garis tersebut  sehingga sesuai dengan ukuran halaman yang akan diprint.

Untuk menggeser garis biru vertical, silahkan arahkan mouse di atasnya kemudian geser ke kiri dan ke kanan.

Untuk menggeser garis biru horizontal, silahkan arahkan mouse di atas garis biru horizontal, kemudian geser ke atas ke bawah.

Sesuaikan dengan area mana saja yang ingin di print.

Langkah #5
Pengaturan Margin dan Cetak / print


Selanjutanya setelah ke #4 langkah di atas dilakukan yaitu mengatur margin dan cetak.

Untuk mengatur margin sebetulnya ada beberapa cara, namun lebih baik mengaturnya terakhir saja saat halaman excel ingin dicetak

Teknik untuk mengatur margin dan melaksanakan cetak yaitu sebagai diberikut:

Pilih sajian File (excel 2010 ke atas) atau tombol lingkaran di pojok paling kiri atas (excel 2007), kemudian pilih sajian Print



Sebelum dicetak sebaiknya atur margin lampau semoga sesuai, untuk mengatur margin, silahkan tekan tombol Nomor 3, kemudian anda dapat menggeser kotak kecil hitam yang ditunjukan oleh nomor 1 dan nomor 2, setelah sesuai gres diprint.

Untuk melaksanakan print anda dapat tekan tombol Print di sebelah kiri, tentu saja anda harus memastikan bahwa printer yang dipilih sudah benar.

Jika pengaturan di atas anda ikuti dengan benar, Maka anda pun akan mendapat hasil print yang diinginkan


Itulah cara print di ms excel semoga halaman tidak terpotong dan sesuai dengan ukuran keretas, semoga artikel di atas bermanfaa.

Silahkan olok-olokan pertanyaan di komentar kalau ada yang kurang paham, barangkali saya dapat memmenolong.! Salam.


LihatTutupKomentar